Jenis – Jenis AC yang Perlu Kamu Ketahui

Air Conditiner merupakan barang elektronik yang cukup penting keberadaannya terutama di kota-kota besar. AC yang kita ketahui biasanya adalah AC Split atau wall mounted, AC ini biasanya dipasang di dinding. AC Split banyak dipakai di rumah dan perkantoran karena bentuknya yang simpel serta pemasangannya yang cukup mudah. Namun ternyata ada beberapa jenis AC yang masih banyak orang belum ketahui, nah kali ini Haka Polar bakal kasih informasi mengenai hal tersebut. Jenis-jenis AC ini mungkin kamu sudah pernah lihat namun belum mengetahui namanya.

Jenis AC di Indonesia

Jenis AC di Indonesia sendiri ada banyak dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda dan penempatannya pun pasti berbeda-beda. Oleh sebab itu kita harus mengetahui minimal nama AC yang akan kamu pasang di rumah kantor hingga di pabrik-pabrik besar. Sebab jika salah memilih jenis air conditioner untuk ruangan anda, maka dingin yang diinginkan bisa tidak sesuai dengan yang diharapkan.

jenis AC di Indonesia

1. AC Split Wall Mounted

Seperti yang sudah kita bahas di paragraf pertama, AC jenis ini paling sering dipakai di rumah-rumah atau kantor-kantor karena bentuknya yang simpel. AC split, umumnya memiliki 2 mesin utama yaitu bagian indoor dan outdoor. Pada bagian outdoor terdapat kompresor sebagai mesin utama untuk mensirkulasikan gas refrigerant ke ke bagian indoor AC. Nah untuk indoor AC tentunya untuk menghasilkan angin dengan hembusan udara yang dingin. Suhu yang dihasilkan oleh AC Split ini paling minimal adalah di 16 derajat celcius.

Tipe dari AC Split ini sudah beragam yang bisa kamu pilih yaitu Inverter, low watt dan standard. Untuk Harga AC nya pun sangat beragam yah, untuk yang baru mulai dari 2 jutaan hingga belasan juta tergantung merk tipe dan kapasitas PK. Dan untuk kapasitas PK nya sendiri paling kecil itu 0,5 pk serta yang paling besar itu di 3 pk.

2. AC Portable

AC Portable sebetulnya lebih simpel lagi dari AC Split, karena AC ini tidak memiliki unit outdoor. Jadi kompresornya disatukan di dalam unit indoor-nya sehingga mudah untuk di pindah-pindah sesuai keinginan kita. Namun untuk saat ini AC portable sendiri kapasitas paling kecilnya yaitu 1 pk dan memiliki daya listrik yang lebih tinggi dari AC Split. Pembuangan udara panas pada kompresornya menggunakan pipa flexible duct yang dihubungkan dari unitnya dan dibuang ke luar ruangan. Ukuran AC Portable cukup kecil, mirip dengan Air cooler pada umumnya lebar 40 cm tinggi 70 cm.

3. AC Floor Standing

AC Floor Standing banyak yang menyangka ini adalah AC Portable padahal sangat jauh berbeda. Dari ukuran, Jenis AC Floor Standing jauh lebih besar dari AC Portbale. AC Foor Standing juga memilik unit indoor dan outdoor seperti AC Split sehingga tidak bisa dipindah-pindah seperti AC Portable.

AC Floor Standing memiliki 2 tipe yang bisa kamu pilih yaitu Standard dan inverter saja. Untuk kapasitasnya juga cukup besar, paling kecil itu 2 pk hingga kapasitas 6 pk. AC ini biasanya dipasang di ruangan yang luas tanpa sekat seperti aula, rumah ibadah atau ruangan kelas. Bentuk AC Floor Standing ini pada indoornya memiliki tinggi sekitar 1,7 – 2 meter dengan lebar sekitar 80 cm. Jika kamu tertarik untuk memiliki AC Floor Standing ini kami sarankan untuk berkonsultasi dahulu dengan team marketing kami karena perlu penanganan khusus dalam pemasangannya.

4. AC Cassttee

Selanjutnya adalah AC Cassette, Jenis AC ini biasa disebut AC Central, AC Ceiling dan AC Plafon. Karena memang AC ini di instalasi di plafon dan biasanya kamu temui di ruangan meeting yang besar atau juga ruangan kantor yang luas tanpa sekat. Namun ada juga rumah yang menggunakan AC Cassette ini untuk pendingin ruangannya, karena AC Cassette ini memiliki kapasitas mulai dari 2 pk hingga 6 pk seperti AC Floor Standing. Tipenya juga ada 2 yaitu tipe inverter dan standard untuk AC Cassette ini.

Buat kamu yang mau menggunakan AC Cassette di rumah harus memperhatikan tinggi plafon dalamnya yaitu minimal 40 cm. Sebab bagian yang terlihat di luar plafon hanya bagian permukaan AC indoor-nya saja, sisanya ada di dalam plafon. Untuk ukuran outdoor AC Cassette biasanya lebih besar dibandingkan AC Split bahkan ada yang memiliki dua blower pada outdoor-nya.

5. AC Packaged

AC Packaged merupakan Air Conditioner berukuran besar dengan kapasitas PK paling kecil di 5 PK dan hingga di paling besar berkapasitas 20 PK. AC Packaged ini biasa digunakan untuk ruangan berkapasitas sangat luas seperti mall, aula atau rumah ibadah. AC Packaged terdiri dari AC Duct Packaged dan Standing Packaged. Jenis Air Conditioner ini sangat jarang terlihat karena biasanya terdapat di balik plafon dan dibalik dinding.

6. AC Central / VRV

Nah yang terakhir yang saya bahas adalah Jenis AC yang terbesar diantara semuanya. AC ini memiliki 1 outdoor dan dapat dihubungkan hingga ke 64 indoor. Jenis indoor AC nya bisa Spli, Duct hingga Cassette. Untuk kontrolnyapun khusus, AC VRV biasanya di kontrol dalam 1 management khusus yang dapat mematikan, menghidupkan dan setel suhu dalam 1 modul. Harga AC VRV biasanya sangat mahal, karena memang memiliki kapasitas PK yang besar dibandingkan jenis AC lainnya. Bagi kamu yang sedang mencari AC Daikin VRV bisa hubungi kami di nomor 0819-232-326 .

Itulah beberapa Jenis AC yang perlu kamu ketahui sebelum menentukan AC mana yang cocok untuk ruangan yang akan kamu pasang AC sebagai penyejuk ruangan. Dapatkan AC yang kamu inginkan di distributor atau dealer AC resmi seperti Haka Polar Indonesia yang telah dipercaya sebagai dealer resmi dari AC Daikin, Gree , Panasonic, Samsung dan Midea.